Mendengar di Ruang Dengar

[ Senin – 28/12] Bertempat di Sapu Lidi Art Space Center, di Jl. Pahlawan Kerja, Kota Pekanbaru. Hari minggu malam, 27 Desember 2015, Riau Rhythm Chambers Indonesia kembali menyapa RRCI FAMS (Sebutan fans Riau Rhythm) bertajuk “Ruang Dengar”. Di sebagian kota pekanbaru, hujan lebat disertai gemuruh guruh yang sempat membuat beberapa pengunjung yang hadir malam hari itu ragu untuk dapat hadir. Namun memang jika Tuhan sudah berkehendak, hujan pun reda selepas adzan maghrib.

cropped-RD_2.jpgVenue Sapu Lidi rupanya tidak termasuk daerah di pekanbaru yang terguyur hujan sore hari kemarin. Suasana tempat yang sangat mendukung dengan dekorasi penuh imajinasi tersaji apik dan terasa terikat dalam balutan nuansa siap menyambut 6 Repertoire dari Album ” Suvarnadvipa – The Journey Of Musical Harmony ” akan diperdengarkan dan dipertampilan kepada para pengunjung di sapu lidi malam hari tadi.

Acara yang dijadwalkan dimulai pukul 20:00 WIB mengalami penundaan karena ada persiapan tambahan yang harus dilakukan dan kemudian “Ruang Dengar” dibuka oleh salam perkenalan Sang Composer, Rino Dezapaty. Apresiasi disampaikan kepada seluruh pihak yang hadir dalam pagelaran konser akhir tahun 2015 setelah perjalanan panjanga selama 2015.

Berbagi informasi, berdiskusi serta membangun komunikasi sosial adalah kekuatan tersendiri yang dimiliki oleh kelompok musik ini. Riau rhythm dengan kekuatan personil 8 orang, sangat serius mengobservasi candi muara takus dan kejayaan sumatera – nusantara yang kekuasaan nya hingga asia tenggara sebagai tema musik proto melayu, serta memainkan konsep musik serius atau bisa diterjemahkan seperti jalan sunyi. Sunyi atau sepi dari penikmat populer (karena sebelumnya riau rhythm dalam album pertama2002 hingga ke – 6 pada tahun 2012 memainkan konsep etno modern dan bergenre new age music lebih kearah kolaborasi gaya musik popular dan tradisi lokal).

Acara pun dimulai dengan Repertoire ” Svara Jiva ” yang merupakan repertoire pilihan dari audience yang selama ini mengikuti karya di Album Suvarnadvipa – The Journey Of Musical Harmony. Di iTunes, Repertoire ini telah dikurasi dan untuk dapat memiliki / mendengarkan lagu ini maka harus membeli satu album. Repertoire Svara Jiva ini memang sangat spesial dari background cerita dan merupakan karya sulaman dan pintalan hasil observasi di candi muara takus.

Ruang dengar pada hari Minggu malam, 27 Desember tersebut mendapatkan sambutan yang hangat dari para pengunjung. Dari mahasiswa, masyarakat, Klub Motor, Media, seniman dan semua pihak yang memang sengaja datang untuk memberikan apresiasi.

Semoga Ruang Dengar kali ini akan menjadi rangkaian rutin di pekanbaru khususnya, karena karya kami adalah sebuah karya dari Riau Untuk Indonesia.

Salam Sembah Dari Tanah Tua Melayu