Riau Rhythm Goes To School – Sekolah Darma Yudha

Sebuah program lama yang ingin kami masukkan menjadi salah satu program rutin yaitu Riau Rhythm Goes To School akhirnya terwujud di Tahun 2017 ini. Program yang kami inisiasi ini adalah keinginan kita untuk dapat membagi pengalaman tidak sempurna selama perjalanan Riau Rhythm dan bagaimana kami berproses kepada generasi muda untuk dijadikan pelajaran dan memberi sudut pandang berbeda tentang berkesenian dan bermain musik tradisi.

Diawali dengan obrolan hangat bersama Managing Director Sekolah Darma Yudha, Sir Christian Pramudana dan composer kita Rino Deza Pati tentang perlunya sebuah sesi edukasi tentang seni budaya khususnya musik tradisi kepada generasi muda yang diberikan oleh para pelaku seni serta gayung pun bersambut dari pihak Sekolah Darma Yudha antusias untuk mewujudkan program Riau Rhythm Goes To School.

Dok. Sigit Wahyudi – Darma Yudha

 

Musik melayu identik dengan branding oleh industri musik yang kurang tepat, Musik melayu dicap dengan musik yang mellow. Khasanan nilai dan eksplorasi instrumen dan nada melayu sangat kaya untuk distigmakan dengan Mellow. Hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi kepedean generasi muda untuk bermain musik tradisi karena kurang keren. Melalui program ini, beberapa pemain Riau Rhythm yang pernah beranggapan seperti itu pun angkat bicara bahwa mereka adalah orang yang dulunya menganggap musik tradisi itu tidak keren. Namun sekarang,  mereka berani menyampaikan dan membuktikan bahwa bermain musik tradisi itu keren dan tidak pernah ketinggalan zaman.

Konsep acaranya pun dibuat dengan sangat nyaman dan menjaga agar tidak terjadi kebosanan para peserta yang merupakan generasi millenial dengan pendekatan audio – video dan live performance yang disupport oleh Tim Multimedia Darma Yudha dan P’sound Audio terwujudlah sebuah penyajian yang menurut kami “Petjah banget”. Bertempat di auditorium sekolah darma yudha dihadiri ratusan siswa sekolah menengah umum darma yudha, kami buka dengan pemutaran video profile dan perjalanan Riau Rhythm dari dokumentasi konsernya baik di dalam dan luar negeri.

Pemutaran video yang dilengkapi dengan multiple screen ditunjang akustik ruangan auditorium yang pas menjadikan peserta sangat fokus memperhatikan detail jalan cerita yang kami sajikan. Diskusi dan penyampaian karya oleh composer disela-sela performance mengantar pertunjukan repertoire demi repertoire di album suvarnadvipa. Pada kesempatan ini juga, Composer Rino Deza Pati memberikan quiz berupa 5 pertanyaan kepada para siswa dan yang beruntung menjawab dengan benar mendapatkan CD Exclusive Album Suvarnadvipa. Quiz tidak hanya berupa pertanyaan tapi juga games kecil seputar materi video perjalanan Riau Rhythm sampai dengan ” Dimana sih letak candi Muara Takus?”. Menakjubkan antusiasme banyak yang mengangkat tangan dan berhasil menjawab semua. Hal itu membuktikan bahwa para siswa serius menyimak materi, Great JOB!

Keriuhan Riau Rhythm Goes To School ditutup dengan Foto bersama yang menggambarkan suasana dan kedekatan di acara ini. Dalam kesempatan itu juga, Sir Christian berharap akan membawa konsep Riau Rhythm Goes To School ini ke seluruh Jaringan sekolah Darma Yudha.

Terima kasih Sekolah Darma Yudha, Salam Sembah Dari Tanah Tua Melayu.

Dok. Sigit Wahyudi – Darma Yudha